Telinga Berdengung Pertanda atau Penyakit ???



Tips mengatasi telinga berdengung

Sering kali telinga berdengung atau seperti berbunyi nguing-nguing diibaratkan sebagai pertanda akan adanya sesuatu. Beginilah kemajemukkan masyarakat di negeri ini, sebagian masih percaya akan mitos tapi tidak sedikit pula yang lebih percaya pada pengetahuan ilmiah. Tidak ada yang salah dari pandangan setiap individu mengenai pertanda telinga berdengung. 

Sebenarnya Telinga Berdengung Pertanda atau Penyakit ???

Telinga berdengung dalam istilah ilmiahnya disebut dengan tinnitus. Tinnitus adalah bunyi yang berdering, berdesir, atau tipe lain yang tampaknya berasal didalam telinga atau kepala. Mungkin sebagian orang menganggap hal ini bukanlah suatu masalah atau gangguan serius. Namun hampir 36 juta orang-orang Amerika menderita karena gangguan dengungan ini. Selain itu kita juga harus menghindari jangan sampai sering mengalaminya. Keseringan munculnya dengungan karena kebisingan tersebut bisa mengakibatkan gangguan pada organ pendengaran kita. Peringatan itu disampaikan Ratna D Restutu, Sekretaris Komisi Nasional Pencegahan Gangguan Pendengaran dan Ketulian (PGPKT).

Tinnitus dapat timbul atau disebabkan dari empat bagian-bagian telinga yaitu telinga bagian luar, telinga bagian tengah, telinga bagian dalam, dan otak. Selain itu, termasuk disebabkan dari luka oleh suara gaduh atau ledakan, infeksi telinga, saluran telinga yang tersumbat atau pipa Eustachian, otosclerosis (salah satu jenis kehilangan pendengaran), tumor telinga bagian dalam, dan penyakit meniere. Obat-obatan tertentu (seperti antibiotik aminoglikosid dan aspirin dosis tinggi) juga bisa menyebabkan tinnitus. Penyebab tinnitus yang paling sederhana adalah menempelnya kotoran telinga (serumen) di gendang telinga. Biasanya hal ini disebabkan karena kebiasaan mengorek kotoran telinga dengan cotton bud. Namun hasilnya kotoran keluar sangat sedikit sebaliknya sisa kotoran yang ada terdorong ke gendang telinga.

Jika menurut kedokteran, telinga berdengung disebut dengan tinnitus dan merupakan salah satu gangguan pada telinga maka menurut mitos atau kepercayaan ada banyak sekali maknanya. Misalnya: jika telinga kiri berdengung antara jam 6 sore sampai jam 8 malam, maka akan ada orang yang memanggil Anda; lalu jika telinga kanan Anda berdengung antara jam 6 sore sampai jam 8 malam, maka Anda akan kedatangan tamu. Selain itu masih banyak makna lainnya dari telinga yang berdengung ini.

Bagaimanapun Anda memaknai tentang telinga yang berdengung, jangan sampai lupa untuk merawat dan menjaga kesehatan telinga. Gunakan alat pembersih telinga dengan rutin setiap minggunya dan berhati-hati lah dalam penngunaannya. Sudah sepantasnya kualitas pendengaran dipertahankan guna keberlangsungan hidup dan menerima informasi sehingga berjalan baik dan berkualitas. Hal menarik lainnya seputar telinga ternyata ada Hari Telinga yang selalu diperingati setiap tanggal 3 Maret. (berbagai sumber)


John Pattrick
Kesakitan membuat Anda berpikir. Pikiran membuat Anda bijaksana. Kebijaksanaan membuat kita bisa bertahan dalam hidup.
Admin: i-SeNG NGeBLoG, at: 4/23/2011

Posted in , , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

2 Responses to Telinga Berdengung Pertanda atau Penyakit ???

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.