Karakteristik Laporan Keuangan

Karakteristik Laporan Keuangan
Laporan Keuangan merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari Akuntansi. Laporan keuangan sangat penting untuk menggambarkan kondisi perusahaan. Karakteristik laporan keuangan yang harus diperhatikan dalam menyusun laporan keuangan tersebut adalah sebagai berikut : 

Pertama adalah mudah dipahami (understandability).
Ini berarti bahwa kualitas penting yang ditampung dalam laporan keuangan adalah kemudahannya untuk segera dapat dipahami oleh pemakai. Untuk maksud ini, pemakai diasumsikan memiliki pengetahuan yang memadai tentang aktivitas ekonomi dan bisnis, akuntansi, serta kemauan untuk mempelajari dengan ketekunan yang wajar.

Kedua adalah relevan (relevance).
Suatu laporan keuangan dikatakan relevan apabila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan tersebut memiliki manfaat, sesuai dengan tindakan yang akan dilakukan oleh pemakai laporan keuangan. Atau dengan kata lain, relevan merupakan kemampuan dari suatu informasi untuk mempengaruhi keputusan manajer atau pemakai laporan keuangan lainnya sehingga keberadaan informasi tersebut mampu mengubah atau mendukung harapan mereka tentang hasil-hasil atau konsekuensi dari tindakan yang diambil.

Ketiga adalah keandalan ( reliability ).
Keandalan merupakan kualitas informasi yang disampaikan laporan keuangan menyebabkan pemakai informasi akuntansi sangat tergantung pada kebenaran informasi yang dihasilkan. Keandalan suatu informasi sangat tergantung pada kemampuan suatu informasi untuk menggambarkan secara wajar keadaan/peristiwa yang digambarkan sesuai
dengan kondisi yang sebenarnya.

Keempat adalah dapat diperbandingkan (comparability).
Suatu laporan keuangan dapat diperbandingkan bila informasi tersebut dapat saling diperbandingkan baik antar periode maupun antar perusahaan. Laporan keuangan mempunyai peranan penting bagi banyak pihak, sehingga ketepatan waktu dalam penyampaian laporan keuangan sangat dibutuhkan. (Baridwan)

Lebih lengkapnya silahkan baca postingan saya tentang Accounting.



Wanita adalah permata dan pria berkewajiban membuat permata itu berkilau.
John Gray
Admin: i-SeNG NGeBLoG, at: 3/13/2012

Posted in , . Bookmark the permalink. RSS feed for this post.

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.

Search

Swedish Greys - a WordPress theme from Nordic Themepark. Converted by LiteThemes.com.